Ada
tiga istilah yang umum dipakai di indonesia untuk menyebut advertising,
yaitu: reklame, advertensi, dan iklan.reklame berasal dari bahasa
belanda yang dieja sebagai reclame.kata itu juga berasal dari
bahasaperancis reclamare. Advertensi berasal dari bahasa belanda
advertentie yang juga mengacu pada bahasa inggris advertising.Sedangkan
iklan yang umum dipakai dalam bahasa Melayu berasal dari bahasa Arab
i'lan atau i'lanun secara harfiah berarti informasi.
Banyak definisi diberikan bagi kata ‘periklanan’, akan tetapi salah satu yang paling sederhana dengan harapan agar kita tidak berdebat soal ini. Periklanan adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan pembuat barang, atau pemasok jasa dengan masyarakat banyak atau sekelompok orang tertentu yang bertujuan untuk menunjang upaya pemasaran. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan gambar, suara atau kata-kata, gerak atau bau yang disalurkan melalui media atau secara langsung. Berdasarkan pengertian ini maka ‘Biro Iklan’ adalah lembaga usaha yang memberikan jasa periklanan bagi siapa yang membutuhkan baik perorangan, perusahaan pembuat barang atau pemasok jasa bahkan pemerintah.
Internet
merupakan suatu media informasi yang mempunyai ciri dan karakteristik
yang khas yang dapat merupakan peluang ataupun tantangan bagi industri
advertising. Ciri yang paling menonjol yang membedakan internet dengan
media informasi lain adalah bahwa internet merupakan media informasi
interaktif yang memungkinkan user berinteraksi tanpa kehadiran secara
fisik.
Advertising
atau web advertising atau yang lebih kita kenal dengan iklan dengan
media internet merupakan potensi bisnis yang mempunyai prospek yang
bagus. Agar peluang ini dapat diraih maka kita harus mengetahui seluk
beluk periklanan dengan menggunakan media internet.
No comments:
Post a Comment